English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Friday, March 19, 2010

Injil buat kita!

Apa yang dimaksud dengan Injil?
Dalam pengertian sederhana, Injil (Khabar Baik) adalah khabar keselamatan penebusan TUHAN YESUS di Kayu Salib. Ini adalah rentetan mulai dari hidupNya, kematian, dan kebangkitan untuk menyelamatkan umat manusia bebas dari kuasa dosa dan maut. Menjadi pengikut Kristus berarti untuk percaya bahwa DIA adalah Juruselamat yang dinubuatkan dalam Perjanjian Lama dari Alkitab dan bahwa DIA mati untuk dosa-dosa seluruh umat manusia. Dalam kematiannya di Kayu Salib, IA telah membayar hukuman untuk semua dosa. Dalam kebangkitan-Nya, DIA selamanya mengalahkan maut. Pengorbanan-NYA  menjadi hadiah keselamatan dan hidup kekal bagi setiap orang percaya. Berikut ini adalah ikhtisar dari Injil, apa artinya menjadi seorang Kristen, dan bagaimana untuk menjadi seorang Kristen (Pengikut Kristus).



Awal mula-nya di Taman Eden...
Dalam rangka untuk lebih memahami Injil, atau Kabar Baik, sangat penting untuk memahami berita buruk. Berita buruknya adalah kita semua punya masalah yang disebut dosa (Rom. 3:23). Di mulai di Taman Eden ketika Adam dan Hawa memakan buah terlarang, manusia telah digoda untuk berbuat dosa. Sejak itu dosa menjadi kutukan dan tak terhindarkan. Bahkan orang-orang yang menganggap dirinya "orang-orang baik" belum mencapai standar Allah yang sempurna. Lebih buruk lagi, bahwa kita semua akan menghadapi Hari Penghakiman dan bertanggung jawab atas setiap pikiran, kata, dan tindakan (II Cor. 5:10). Alkitab mengatakan bahwa kita pantas mati karena dosa kita (Rom. 6:23) Dan, walau apapun usaha kita,  tidak ada pengorbanan, ritual, hukum atau gaya hidup yang dapat menyelamatkan kita. Menghadiri gereja secara teratur, menyumbangkan waktu atau sumber daya untuk amal, atau hanya menjadi seseorang yang "baik" tidak dapat menjamin pengampunan dosa atau tempat di surga (Matius 7:24).

Inilah Khabar Suka Cita!!
Satu-satunya cara untuk mengalahkan dosa dan maut dan untuk mewarisi kehidupan kekal adalah melalui Yesus Kristus (Yohanes 14:6). Alkitab mengatakan kepada kita bahwa Allah mengasihi kita sedemikian rupa sehingga ia ikut campur dan mengutus Yesus Kristus, Nya yang tunggal, sebagai tebusan untuk menderita dan mati menggantikan kita (Yohanes 3:16). Pengorbanan Yesus di kayu salib lebih dari 2000 tahun yang lalu membayar harga untuk dosa kita, tidak peduli seberapa besar atau berapa banyak, sehingga kita bisa hidup tanpa diperbudak dosa di bumi dan memberikan kita kehidupan abadi. Itu adalah Injil - yang Khabar Baik!

...Harga yg Kita
Bayar?
Bahkan ada khabar berita yang lebih baik, Anda tidak dituntun untuk membayar harga Keselamatan dengan material... , sebab Keselamatan melalui Tuhan Yesus adalah 'karunia',  karunia pembebasan! (Efesus 2:8). Bagai mana bisa?? Kita harus sederhana: Ikuti teladan Yesus Kristus:

  • Menerima kenyataan bahwa kita orang berdosa dan bahwa kita perlu MENGAMPUNI orang yang berdosa kepada kita.
  • Percaya bahwa Yesus Kristus adalah Anak Allah, Penyelamat, Dan bahwa IA telah mati sebagai Anak Manusia untuk menebus dosa-dosa kita (Kis 2:36).
  • BERTOBATLAH dari dosa-dosa kita dan gaya hidup berdosa (Kis 17:30).
  • Menjadikan Yesus sebagai TUHAN bagi kehidupan kita (Lukas 6:46) 
PERINGATAN! Kebenaran dari masalah ini adalah bahwa menjadi seorang Kristen tidak menjamin cinta, kehidupan, kesehatan, kekayaan, atau kebahagiaan. Ini bukanlah ramuan ajaib atau pil ajaib seperti yang anda lihat dalam film Matrix, yang akan membuat masalah Anda menghilang. Perbedaan mengikut Kristus dengan ikut dunia adalah : Anda tahu bahwa pada akhirnya Kristus yang mengendalikan dan Dia akan membuat Anda melalui apa pun yang datang dengan cara Anda (Yohanes 16:33). Hidup Anda akan memiliki tujuan dan makna. Anda akan memiliki harapan, masa depan, janji, dan mukjizat karunia iman (Yeremia 29:11). Dia hibah perdamaian di luar pengertian dan sukacita yang tak terkira terlepas dari keadaan yang sulit kami (Yohanes 14:27). Itulah yang membuat perbedaan dan menandai kita sebagai pengikut-Nya.

MENERIMA ALLAH = ANUGERAH KESELAMATAN
Menerima karunia keselamatan mengambil apa-apa selain doa yang tulus yang mencerminkan keinginan Anda untuk Kristus untuk mengubah hidup Anda dan tujuan kekal. Anda tidak perlu kata-kata mewah - hanya hati yang tulus. Doa Anda kepada Yesus Kristus harus mencakup sebagai berikut:
  • Aku tahu bahwa aku berdosa dan layak mendapat kematian kekal.
  • Aku menerima hadiah Anda mati di salib untuk dosa-dosa saya sehingga saya dapat diampuni dan hidup kekal.
  • Aku berbalik dari kehidupan lama saya dan sekarang akan mengikuti Anda sebagai Tuhan.
LANGKAH Selanjutnya...
Selamat! Menerima Kristus ke dalam hidup Anda adalah awal dari kehidupan baru Anda. Anda akan sekarang ingin:
1. Memulai pengalaman pribadi sehari-hari dengan Tuhan yang mencakup mempelajari Alkitab dan berdoa. Sebagai Firman Allah dan satu-satunya "kehidupan-guide," membaca Alkitab baik memperkuat iman kita dan memperbaharui pikiran kita sehingga kita dapat menjadi serupa ke dalam gambar Kristus. Doa, di sisi lain, adalah cara kami berkomunikasi baik kebutuhan-kebutuhan kita, keinginan, mimpi, kebahagiaan dan penderitaan kepada Allah dan juga merupakan cara lain di mana kita dapat mendengar dari-Nya.
2. Bergabung dengan gereja lokal di mana Anda bisa beribadah dan bertumbuh dalam iman Anda. Secara teratur berhubungan dengan orang percaya atau orang Kristen lain membantu kita belajar dan tumbuh bersama rohani. Selain itu, memungkinkan kita untuk mendorong satu sama lain dan membantu menjaga kami "di jalur yang benar." Jika tidak ada gereja lokal yang ada, mulailah Anda sendiri "pelayanan gereja" di rumah Anda, mengundang orang lain untuk berbagi dalam apa yang baru saja Anda pelajari.
3. Beritahu orang lain tentang Dia! Mengapa terus ini pada dirimu sendiri? Ini adalah THE berita terbaik di luar sana dan semua orang perlu untuk mendengarnya!



************
DEFINISI
Injil - Secara harfiah berarti "kabar baik."
Yesus - Anak Allah yang lahir dari perawan Maria, disalibkan, mati dan dikubur, dan dibangkitkan tiga hari kemudian. Ia naik ke surga di mana Dia sekarang duduk di sebelah kanan Bapa.
Kristen - Pengikut Yesus Kristus yang percaya ia adalah Juruselamat umat manusia.
Alkitab - Firman Allah; suatu kumpulan dari 66 buku puisi, sejarah, lagu-lagu cinta, biografi dan kebijaksanaan yang ditulis oleh sekurang-kurangnya 40 penulis yang berbeda dari semua lapisan masyarakat selama rentang waktu 1500 tahun dan dibagi ke dalam "Lama" dan "Baru "Perjanjian.
Perjanjian Lama - 39 kitab pertama dari Alkitab, terdiri dari sejarah, puitis, dan kenabian tulisan yang detail dan jatuh penciptaan manusia, sejarah bangsa Israel, hukum dan rencana keselamatan; juga dikenal sebagai Taurat Yahudi.
PB - Yang tersisa 27 kitab dari Alkitab, termasuk Injil, Surat-surat, dan buku-buku lain yang detail kehidupan, kematian dan kebangkitan Kristus serta kelahiran dan pertumbuhan gereja Kristen.
Pengampunan - Salah satu bagian konstituen pembenaran. Dalam mengampuni dosa, Allah membebaskan orang berdosa dari kutukan hukum, dan bahwa pada tentang pekerjaan Kristus, yaitu, ia menghapus dosa rasa bersalah, atau berdosa sebenarnya kewajiban kepada murka kekal di rekening itu.
Penyelamat - Salah satu yang menyelamatkan dari segala bentuk atau tingkat kejahatan.
Bertobatlah - Untuk memiliki perubahan pikiran; untuk berbalik dari dosa kepada Allah.
Tuhan - Orang yang memiliki kontrol penuh dan otoritas; seorang penguasa atau master.
Dosa - Setiap pikiran atau perilaku yang bertentangan dengan kemuliaan atau karakter Allah; untuk melakukan suatu pelanggaran terhadap hukum Allah (Roma 3:9-20, 23).
Keselamatan - Kata ini digunakan untuk pembebasan bangsa Israel dari Mesir (Ex 14:13), Dan pembebasan secara umum dari kejahatan atau bahaya. Dalam Perjanjian Baru itu secara khusus digunakan dengan mengacu pada pembebasan besar dari rasa bersalah dan dosa pencemaran yang ditimbulkan oleh Yesus Kristus, "keselamatan besar" (Ibr 2:3).
Eternal Life - Hidup selamanya di surga dengan Allah Penciptaan dan Putra-Nya, Yesus Kristus, bebas dari air mata, rasa sakit, dan ketidakadilan (John 3:15, Roma 6:23).


REFERENSI KITAB SUCI
Roma 3:23 - "... Untuk semua telah berdosa dan jatuh kemuliaan Allah."
II Korintus 5:10 - "Sebab kita semua harus tampil di hadapan kursi pengadilan Kristus, supaya setiap orang dapat menerima apa yang disebabkan oleh dia untuk hal-hal yang dilakukan ketika dalam tubuh, apakah baik atau buruk."
Roma 6:23 - "Sebab upah dosa ialah maut, tetapi karunia Allah ialah hidup yang kekal dalam Kristus Yesus, Tuhan kita."
Matius 7:24 - "Karena itu setiap orang yang mendengar kata-kata ini saya dan menempatkan mereka dalam praktek adalah seperti orang bijak yang membangun rumahnya di atas batu."
Yohanes 14:6 - "Yesus menjawab," Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa kalau tidak melalui Aku. "
Yohanes 3:16 - "Karena Allah begitu mengasihi dunia yang dia berikan kepada satu-satunya Anak, bahwa barangsiapa percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal."
Efesus 2:8 - "Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan, melalui iman - dan ini bukan dari diri kita sendiri, tetapi pemberian Allah - bukan dengan bekerja, sehingga tidak ada orang yang memegahkan diri."
Kis 2:36 - "Karena itu, marilah seluruh Israel yakin ini; Allah telah membuat Yesus, yang kamu salibkan itu, menjadi Tuhan dan Kristus."
Kis 17:30 - "Di masa lalu diabaikan seperti Allah kebodohan, tetapi sekarang ia perintah semua orang di mana-mana untuk bertobat."
Lukas 6:46 - "Mengapa kaukatakan Aku, 'Tuhan, Tuhan,' dan tidak melakukan apa yang saya katakan?"
Yohanes 16:33 - "Aku telah mengatakan hal ini kepada Anda, sehingga dalam padaku kau mungkin telah damai. Di dunia ini Anda akan mengalami kesulitan. Tapi mengambil hati! Aku telah mengalahkan dunia."
Yeremia 29:11 - " 'Sebab Aku tahu rencana saya untuk Anda," demikianlah firman Tuhan,' rencana untuk mencapai kesejahteraan Anda dan tidak untuk menyakiti kalian, rencana untuk memberikan harapan dan masa depan. "
Yohanes 14:27 - "Damai sejahtera Kutinggalkan bagimu; Damai sejahtera-Ku kuberikan padamu. Aku tidak memberikan kepada Anda sebagai dunia kepadamu. Jangan biarkan hatimu gelisah dan jangan takut."
Roma 3:9-20 - "Apa yang harus kita simpulkan itu? Apakah kita lebih baik? Tidak sama sekali! Kita telah membuat tuduhan bahwa orang-orang Yahudi dan bangsa-bangsa lain sama-sama semua di bawah kuasa dosa. Seperti ada tertulis:" Tidak ada yang benar, seorangpun tidak, ada ada seorangpun yang mengerti, tak seorang pun yang mencari Allah. Semua telah memalingkan muka, mereka telah bersama-sama menjadi tidak berharga, tidak ada orang yang berbuat baik, seorangpun tidak. leher mereka adalah kubur yang terbuka; praktik penipuan lidah mereka. Para racun ular beludak ada di bibir mereka. Mulut mereka mengumpat dan penuh kepahitan. kaki mereka cepat untuk menumpahkan darah; kehancuran dan kesengsaraan menandai cara-cara mereka, dan jalan damai mereka tidak tahu. Tidak ada rasa takut kepada Allah di depan mata mereka. " Sekarang kita tahu bahwa apa pun yang dikatakan hukum, ia mengatakan kepada mereka yang berada di bawah hukum, sehingga setiap mulut bisa dibungkam dan seluruh dunia bertanggung jawab kepada Allah. Oleh karena itu tak seorang pun akan dinyatakan benar dalam pandangan-Nya dengan mengamati hukum; agak, melalui hukum kita menjadi sadar akan dosa. "
John 3:15 - "... Maka Anak Manusia harus ditinggikan, bahwa setiap orang yang percaya kepada-Nya mungkin memiliki hidup yang kekal."

1 comment:

  1. saya sangat di berkati dengan pembacaan ini...amen...

    ReplyDelete